Pengertian DNS Server, Web Server, Mail Server, FTP Server, dll

Pengertian DNS Server, Web Server, Mail Server, FTP Server, dll. (Komplit)

            Halo bagi semua pembaca, disini saya akan menjelaskan pengertian-pengertian daripada diantaranya DNS Server, Web Server, Mail Server, FTP Server, dlsb. Dalam hal ini saya bermaksud untuk membuat anda untuk memahami bagian-bagian dari pengkonfigurasian Server.
Kuy kita langsung saja ke TKP...

1.  DNS Server

            DNS (Domain Name System) sendiri adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
            DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

2. Web Server

            Web Server dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
            Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktiknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.


3. Mail Server

             Mail Server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik  atau e-mail satu sama lain dalam suatu jaringan atau dengan internet.            Layanan ini menggunakan arsitektur client-server, artinya ada aplikasi client mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), pop3 (post office protocol v3) imap smtp digunakan sebagai setandar untuk menampung data mendistribusikan email, sedangkan pop3 dan imap digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote.


4. FTP Server

            FTP Server adalah protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.
            Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP public, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP public, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut.

5. DHCP Server

           DHCP Server adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

6. SSH Server

            Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.
            Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows. Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti ssh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.


7. Proxy Server

           Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
           Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
           Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik(seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

8. NTP Server

            Network Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui jaringan data packet-switched, variable-latency. NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi ke dalam beberapa milidetik Coordinated Universal Time (UTC). Menggunakan algoritma interseksi, versi modifikasi dari algoritma Marzullo, untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi dampaknya. dari latency jaringan variabel. NTP biasanya dapat mempertahankan waktu hingga puluhan milidetik melalui Internet, dan dapat mencapai akurasi yang lebih baik dari satu milidetik di jaringan area lokal dalam kondisi ideal. Rute asimetris dan kemacetan jaringan bisa menyebabkan kesalahan 100 ms atau lebih.

            Protokol biasanya dijelaskan dalam bentuk model client-server, namun dapat digunakan dalam hubungan peer-to-peer. Implementasi mengirim dan menerima cap waktu menggunakan User Datagram Protocol (UDP) pada nomor port 123. Mereka juga dapat menggunakan penyiaran atau multicasting, dimana klien secara pasif mendengarkan update waktu setelah perjalanan pulang-pergi awal. mengkalibrasi pertukaran NTP memberi peringatan tentang penyesuaian lompatan kedua yang akan datang, namun tidak ada informasi tentang zona waktu lokal atau waktu siang hari yang ditransmisikan. 

9. VPN Server

            Virtual Private Network (VPN) memperluas jaringan pribadi di jaringan publik, dan memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Aplikasi yang berjalan di VPN karena itu dapat memanfaatkan fungsionalitas, keamanan, dan pengelolaan jaringan pribadi.

            VPN memungkinkan karyawan mengakses intranet perusahaan dengan aman saat berada di luar kantor. Mereka terbiasa menyambungkan kantor-kantor organisasi yang terpisah secara geografis secara geografis, menciptakan satu jaringan kohesif. Pengguna Internet individual dapat mengamankan transaksi nirkabel mereka dengan VPN, untuk menghindari pembatasan geo dan penyensoran, atau untuk terhubung ke server proxy dengan tujuan melindungi identitas dan lokasi pribadi. Namun, beberapa situs Internet memblokir akses ke teknologi VPN yang dikenal untuk mencegah pengelakan pembatasan geo mereka.

            VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan koneksi khusus, protokol tunneling virtual, atau enkripsi lalu lintas. VPN yang tersedia dari Internet publik dapat memberikan beberapa keuntungan dari wide area network (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya yang tersedia di dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.

10. VOIP Server

            Voice Over Internet Protocol (VOIP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Demikian beberapa penjelasan singkat dari saya...
Semoga Bermanfaat...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Install Debian 7.7.0 Wheezy

Jenis - jenis Desktop Environment